Senin, 05 Juni 2017

PERANCANGAN JAM DIGITAL MENGGUNAKAN RTC DS1307 BERBASIS ARDUINO

PERANCANGAN JAM DIGITAL MENGGUNAKAN RTC DS1307 BERBASIS ARDUINO
Oleh : Auliya Rahmatul Ummah (14640029)


  

I.                   Pendahuluan
Waktu adalah bagian dari struktur dasar dari alam semesta, sebuah dimensi di mana peristiwa terjadi secara berurutan. Waktu tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Seluruh kegiatan manusia ditentukan oleh waktu. Pada zaman dahulu, manusia membagi waktu berdasarkan perputaran matahari, berdasarkan aktivitas dan masih banyak lagi. Waktu dapat dilihat dan ditentukan oleh jam. Awalnya jam hanya menggunakan matahari sebagai acuan waktu. Kemudian sekitar tahun 1400 SM, manusia menggunakan air sebagai jam. Hingga sampai saat ini jam mengalami perkembangan mulai dari jam analog menggunakan jarum sampai jam digital.
Perkembangan jam digital saat ini sudah terintegrasi dengan data hari, bulan dan tahun. Salah satu komponen pengontrolan waktu pada jam digital adalah module RTC (Real Time Clock) DS1307. Real Time Clock ini merupakan chip dengan konsumsi daya yang rendah. Chip tersebut mempunyai kode binary (BCD), jam/kalender, 56 byte NV SRAM dan komunikasi antarmuka menggunakan serial two wire. RTC menyediakan data dalam bentuk detik, menit, jam, hari, tanggal, bulan, tahun dan informasi yang dapat diprogram. Berikut adalah pin pada RTC DS1307


DS1307 memiliki akurasi (kadaluarsa) hingga tahun 2100. Sistem RTC DS1307 memerlukan baterai eksternal 3 volt yang terhubung ke pin Vbat dan ground. Pin X1 dan X2 dihubungkan dengan kristal osilator 32,768 KHz. Sedangkan pin SCL, SDA, dan SQW/OUT dipull-up dengan resistor (nilainya 1k s.d 10k) ke vcc.
Untuk menampilkan jam dan tanggal dari RTC DS1307 dilakukan dengan pengaksesan register pewaktu pada RTC. Pada Codevision AVR terdapat fitur I2C bus dan koneksi pada RTC DS1307 sehingga hanya tinggal melakukan pengaksesan data pada register timekeeper RTC.
Pada artikel ini akan digunakan RTC DS1307 untuk membuat jam digital. RTC akan dikontrol dengan arduino uno dan outputnya akan ditampilkan pada serial monitor.

Download Full Word : Perancangan Jam Digital Menggunakan RTC DS1307

0 komentar:

Posting Komentar